Monday 19 March 2018

Jangan Buang Kulit Semangka, ini 4 Khasiat Utamanya

Ilustrasi

Siapa yang tahu dibalik manisnya buah semangka? Ternyata kulitnya juga bisa kita manfaatkan untuk kecantikan lho. Namun sebelum mengetahui apa saja sih manfaat kulit semangka, harus anda ketahui bahwa kandungan kulit semangka terdiri dari kalori, vitamin B6, vitamin C, Nutrisi, dan senyawa Citrulline. Berikut ini beberapa manfaat kulit semangka bagi kesehatan tubuh seperti dilansir dari berbagai sumber :

1. Mengurangi Penyakit Jantung

Pada kulit semangka terkandung kalium, dimana kalium ini efektif membantu sel dan jaringan pada tubuh untuk berfungsi dengan baik. Pada kasus penyakit jantung, ditemukan suplly sel darah ke jantung sedikit terhambat karena flak ataupun penggumpalan darah yang menuju ke jantung.

Kandungan kalium ini dapat membantu melancarkan aliran tersebut, timbunan lemak di pembuluh darah arteri juga akan perlahan memudar.

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Seperti yang sudah ketahui di artikel kami tentang 5 Penyebab Terjadinya Penyakit Jantung Koroner bahwa orang yang telah berumur akan memiliki resiko hipertensi. Namun tidak usah kawatir, kalium yang terkandung dalam kulit semangka akan membantu kadar oksigen dan nutrisi berjalan lancar dan membantu mengurangi kadar garam yang menjadi salah satu penyebab tumpukan lemak dalam tubuh.

3. Mengobati Diabetes

Diabetes adalah sebuah penyakit naiknya gula dalam darah dan insulin. Penyebab datangnya diabetes pun karena beberapa pola hidup kurang sehat.

Kulit semangka dapat membantu melancarkan sistem metabolisme pada tubuh. Sehingga gula yang terkandung dari makanan bisa menjadi energi atau tenaga. Ada baiknya anda terus melakukan cek darah rutin.

Cara mengkonsumsi kulit semangka khusus penyakit diabetes adalah rebus kulit semangka dan tambahkan jambu biji, masukan 3 gelas air biasa hingga tersisa 1 gelas saja. Kalau anda tidak ingin repot, anda dapat blender saja kulit semangka lalu diminum dengan ampasnya, tidak ada resiko apapun yang terjadi walau anda salah menyajikannya.

4. Untuk Kecantikan

Nah, ini yang biasa digunakan oleh para wanita. Ingin merasakan treatment dengan bahan tradisional? Bisa saja, dengan menggunakan biji semangka, kulit semangka mengandung antioksidan yang dapat meresap pada pori-pori wajah dan membantu meregenerasi kulit anda. Selain itu membantu memperlambat penuaan dan mengobati jerawat.

Caranya anda bisa blender atau iris kulit semangka lalu tempelkan pada kulit wajah, diamkan selama 5-10 menit. Lakukan sesering mungkin agar kulit wajah anda terlihat tampak bersih alami.

Sumber :  https://uzone.id