Monday 12 March 2018

Baru Bangkrut dan Banyak Utang, Bisakah Bangkit Kembali?

Foto: Dok. Finansia Consulting

Jakarta - Pertanyaan pembaca: Saya pria 34 tahun yang sedang jatuh ekonominya. Utang pun di mana-mana. Saya berpikir ingin usaha tapi modal belum cukup, karena tahu sendiri zaman sekarang ini tempat jualan pun harus sewa belum lagi kebutuhan untuk yang lainnya. Kira-kira total dana yang saya perlukan untuk modal mencapai Rp 50 jutaan, bagaimana caranya?

Jawaban:

Modal utama yang dibutuhkan untuk bisnis sebenarnya bukan uang. Uang baru ditemukan sekitar 3.000 tahun lalu, sedangkan bisnis telah ada sejak manusia diciptakan. Jadi bisnis sebenarnya dilakukan dengan mengandalkan modal yang diberi oleh Tuhan yaitu diri kita lahir dan batin.

Nah saran saya coba manfaatkan modal itu dulu dan jadikan uang sebagai fungsi utamanya yaitu sarana. Anda memiliki relasi maka itu adalah modal besar dan tidak ternilai harganya, uang hanya sebagai sarana untuk mempererat dan menguatkan relasi tadi sebagai bisnis.

Misalnya Anda berperan sebagai broker, relasi Anda adalah pihak penyedia dan juga pihak yang membutuhkan, maka fee untuk mempertemukan adalah hasil dari bisnis Anda. Semoga sedikit memberi gambaran. (wdl/wdl)

Sumber : https://finance.detik.com