Friday 23 March 2018

3 Alasan utama untuk mematikan ponsel saat tidur

Ilustrasi telepon di kasur. Shutterstock/Rommel Canlas

Merdeka.com - Ponsel atau smartphone yang Anda miliki seakan menjadi benda yang tidak akan pernah ada matinya. Anda pun selalu membawanya kemana saja Anda pergi. Anda membutuhkannya agar Anda selalu bersentuhan dengan informasi dan Anda mudah dihubungi. Termasuk saat tidur. Bahkan tidak jarang Anda meletakkan ponsel Anda di samping bantal atau bawah bantal Anda. Padahal kebiasaan ini sangat riskan untuk kesehatan Anda.

Dikutip dari foxnews.com, inilah alasan utama kenapa Anda harus mematikan atau menjauhkan ponsel dari diri Anda ketika tidur.

Ponsel menyimpan panas
Anda sadari atau tidak, ponsel menyimpan panas yang bisa membahayakan kesehatan Anda. Sebab sensasi panas yang ditimbulkan bisa menggigit. Tentunya Anda tidak ingin hal tersebut terjadi pada tubuh Anda bukan? Oleh karenanya, matikan ponsel Anda saat tidur.

Blue light dalam ponsel berbahaya
Ponsel dan gadget lain mengeluarkan cahaya yang disebut dengan blue light. Menurut beberapa penelitian kesehatan, cahaya ini mampu menghambat produksi hormon melatonin yang menginduksi tidur Anda.

Radiasi elektromagnetik

Berhati-hatilah dengan radiasi elektromagnetik yang ada di dalam ponsel. Sebab terlalu sering terpapar radiasi ini maka dapat menyebabkan pertumbuhan tumor dalam tubuh. Bahkan radiasi dari sinar ini bisa menyebabkan ruam bagi kulit bayi dan anak-anak yang masih sensitif.

Walaupun berguna bagi Anda dalam dunia komunikasi dan informasi, namun Anda harus berhati-hati dengan efek ponsel untuk kesehatan tubuh Anda. Tubuh Anda pun perlu beristirahat sejenak dari penggunaan ponsel atau gadget lainnya. Oleh karena itu sebisa mungkin untuk selalu mematikan ponsel atau gadget lain ketika Anda tidur. [feb]


Sumber : https://www.merdeka.com